Mahrum, Mahrum (2023) Implementasi pembelajaran fiqih ibadah dalam meningkatkan kesadaran ibadah shalat fardu peserta didik: studi kasus di MTs NW Ijobalit Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mahrum 210401043_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Masih banyak peserta didik yang shalat fardunya masih bolong-bolong, bahkan ada beberapa peserta didik yang tidak melaksanakan shalat fardu baik di madrasah, maupun di rumah itu di sebabkan karena kurangnya perhatian orang tua karena sibuk bekerja, pergaulan anak dan lingkungan sekolah juga ikut berperan, disamping itu juga pemahaman para orang tua tentang ilmu agama yang berhubungan tentang kewajiban shalat fardu sangat minim hal tersebut membuat kesadaran peserta didik tentang pentingnya melaksanakan ibadah shalat fardu sangat rendah. Tujuan penelitian : Untuk mengetahui (1) implementasi pembelajaran fiqih ibadah (2) cara meningkatkan kesadaran ibadah peserta didik dalam melaksanakan shalat fardu (3) kendala dalam implementasi pembelajaran fiqih ibadah (4) faktor pendukung dan penghambat ibadah peserta didik dalam melaksanakan shalat fardu Jenis penelitian yaitu studi kasus dengan metode kualitatif Deskriptif. Pengumpulan Data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif dengan cara memilah-milah data, mengklarifikasi data, dan menginterpretasikan data. Hasil penelitian : (1) materi terfokus pada shalat fardu, design pembelajaran menggunakan acuan Kementrian Agama, metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan nasihat, media pembelajaran mengguunakan audio visual dan evaluasi pembelajaran menggunakan tes akhir. (2) memberikan contoh atau teladan, membiasakan, menegakkan disiplin, memberikan motivasi, memberikan hadiah terutama psikologis, menghukum, menciptakan suasana yang positif. (3) siswa sering tidak masuk sekolah dan kurang disiplin, guru aktif sedangkan siswa pasif, kurangnya motivasi siswa, hasil belajar belum maksimal. (4) Faktor pendukung yaitu kesadaran siswa itu sendiri, adanya fasilitas yang menunjang ibadah. Sedangkan faktor penghamabat yaitu motivasi siswa dan kurang disiplin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: implementasi; pembelajaran fiqih ibadah; shalat fardu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:28
Last Modified: 09 Aug 2023 02:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4603

Actions (login required)

View Item View Item