Rosdianah, Rosdianah (2022) Implementasi kepemimpinan transformasional dan karismatik dalam menciptakan sekolah unggul: studi multi kasus di SMAN 1 Mataram dan SMAN 5 Mataram. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Rosdianah 210403017_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini menyajikan implementasi kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan karismatik dalam menciptakan sekolah unggul (studi multi kasus di SMAN 1 Mataram dan SMAN 5 Mataram) dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis multi kasus. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan verifikasi sampai datanya jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kedua sekolah memiliki kepala sekolah yang transformasional yang memiliki empat ciri: Pengaruh Idealis; kepala sekolah memiliki karisma sehingga menjadi panutan. Motivasi Inspirasi; kepala sekolah mampu menjadi inspirasi dan motivator untuk mencapai tujuan sekolah. Simulasi Intektual; kepala sekolah merupakan sosok yang visioner yang penuh dengan ide dan gagasan untuk memajukan sekolah serta Pertimbangan Individu; kepala sekolah mendengarkan masukan, saran, krikan bawahanya serta memperlakukan bawahanya secara manusiawi. Sedangkan untuk kepemimpinan karismatik kepala sekolah harus memiliki empat dimensi yakni: Keinginan Untuk Mempengaruhi (Lobi); kepala sekolah harus komukatif dan memiliki jaringan yang luas. Nilai Moral Yang Kuat; kepala sekolah memiliki sikap yang tegas, tanggung jawab, jujur serta disiplin. Mendominasi; kepala sekolah selalu menjadi garda terdepan untuk setiap persoalan dan kebijakan sekolah serta Menjadi Panutan; kepala sekolah menjadi tauladan. Sekolah unggul yang harus memenuhi sepuluh kriteria yakni memiliki standar kedisiplinan yang tinggi, proses KBM yang teratur dan berkualitas, standar prestasi yang tinggi, menetapkan tujuan pembelajaran, output yang berkualitas, memberikan penghargaan pada siswa yang berprestasi, program pengembangan potensi, lingkungan belajar yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadai, serta program pengembangan kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; transformasional; kepemimpinan karismatik
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:15
Last Modified: 27 Jul 2023 00:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item View Item