Azmi Robby, Rifqi (2023) Analisis kesulitan belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus (studi kasus kelas 5 A Madrasah Inklusi Nahdatul Whatan Tanah Beak). Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
RIFQI AZMY ROBBY 190303039-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana kompetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. Kesulitan belajar di bagi menjadi dua yakni, kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan dan akademik. Kesulitan belajar akademik merujuk pada adanya kegagalan-kegagalan pencapaian prestasi akademik yang tidak sesuai dengan kapasitas yang diharapkan. Kegagalan tersebut mencakup pada keterampilan dalam membaca, menulis, dan berhitung. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas V A Madrasah Inklusi Nahdatul Whatan Tanah Beak beberapa anak mengalami kesulitan belajar dan nilai rendah pada pelajaran matematika. Maka skripsi ini bertujuan untuk mengetahui; 1) bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus, 2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus di Madrasah Inklusi Nahdatul Whatan Tanah Beak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini 5 (lima) orang siswa kelas 5 (lima) A, di antaranya 1 (satu) laki-laki dan 4 (empat) perempuan di Madrasah Inklusi Nahdatul Whatan Tanah Beak. Analisis data menggunakan reduksi data, validasi data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus adalah kesulitan dalam operasi penjumlahan, pembagian, perkalian, pengurangan, kesulitan dalam proses pengerjaan soal perhitungan sesuai dengan prosedur, sering kurang percaya diri bahkan ketika menghasilkan jawaban yang benar, dan kesulitan dalam bahasa dan membaca. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus paling dominan adalah keterbatasan kemampuan dasar intelektual, lingkungan, keluarga, motivasi, cara mengajar guru, dan kebiasaan belajar siswa yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis; kesulitan belajar; diskalkulia; bentuk; faktor |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 01:48 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 01:48 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4485 |
Actions (login required)
View Item |