Hulaipi, Ayatullah (2022) Analisis ayat-ayat dakwah dalam Al Qur’an dan implementasinya pada media dakwah digital. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ayatullah Hulaipi_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Generasi milenial saat ini, manusia sangat bergantung pada teknologi seperti ponsel, laptop, Televisi dan sebagainya. Mereka banyak menghabiskan waktunya dengan media sosial dan menjadikannya sebagai bagian yang sangat penting dalam berinteraksi sosial. Berdasarkan laporan Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 210 juta pengguna. Dengan banyaknya pengguna internet tersebut tidak menutup kemungkinan menjadikan dakwah digital sebagai tren dikalangan dai saat ini. tren dakwah di media sosial sudah menjadi sarana baru dai dalam menyampaikan dakwahnya. Dakwah dengan media digital ini tentu membawa dampak positif dan membawa dampak negatif juga. Dampak positifnya para pendengar bisa dengan mudah mengakses dakwah dari para dai dan juga mampu menjangkau cakupan yang lebih luas. Adapun dampak negatifnya dakwah digital ini membebaskan para pendengar untuk mengakses konten dakwah dari dai siapapun tanpa mengetahui latar belakang dari dai, hal ini tidak menutup kemungkinan adanya para dai-dai yang mengajarkan akidah- akidah menyimpang. Maka dengan berlandaskan hal tersebut penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana pengaplikasian para dai terhadap ayat-ayat al Qur’an tentang dakwah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Adapun sumber datanya melalui dua sumber data sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer pada penelitian ini berupa video-video ceramah di" "media sosial. Adapun data sekundernya berupa kita kitab tafsir, buku-buku, dan jurnal. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik dokumentasi dengan mencari data data-yang berkaitan langsung dengan penelitian. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa dai yang penulis analisis menunjukkan bahwa para dai tersebut menerapkan metode dakwah yang terdapat pada ayat al Qur’an. Dalam penelusuran konten-konten dakwah di media digital, peneliti menemukan keselarasan dalam hal teknik, dan metode dakwah seperti yang dijelaskan pada ayat-ayat tersebut pada media digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dakwah; Media digital; Media Sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 31 May 2023 05:22
Last Modified: 31 May 2023 05:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4326

Actions (login required)

View Item View Item