Isnaen, Muh. Maulidin (2021) Pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah: studi kasus pada masyarakat Desa Sukaraja Kec. Praya Timur Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Muh. Maulidin Isnaen 1502151835.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (965kB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel iklan dan promosi penjualan berpengaruh tehadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan bersifat asosiatif. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 21 for windows. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 5.416 masyarakat Desa Sukaraja Kec. Praya Timur Lombok Tengah dan sampel yang digunakan berjumlah 216 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t variabel iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat dengan nilai t hitung 4,311> 1,97t tabel, yang berarti bahwa t hitung > t tabel. Uji t pada variabel promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat dengan hasil nilai t hitung 9,629 > 1,97t tabel, yang berarti bahwa t hitung > t tabel. Dan untuk uji f diperoleh f hitung sebesar 120,708 dan f tabel 3,04, f hitung > f tabel yang berarti bahwa variabel iklan dan promosi penjualan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Sedangkan untuk koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,531 yang berarti bahwa kontribusi variabel iklan dan promosi penjualan hanya mampu menjelaskan variabel minat menabung masyarakat sebesar 53,1%. Sedangkan sisanya sebesar 46,9% dijelaskan oleh vaiabel-variabel yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | promosi; penjualan; iklan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:01 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:01 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2684 |
Actions (login required)
View Item |