Kurnia, Baiq Rina (2015) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode kerja kelompok pada mata pelajaran IPS di kelas IV C MIN Karang Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Mataram.
Text
Baiq Rina Kurnia 151119063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
|
Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (230kB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi adanya kenyataan bahwa rendahnya hasil belajar siswa kelas IV C MIN Karang Baru kecamatan Selaparang kota Mataram tahun pelajaran 2015/2016 dalam pelajaran IPS , kurang optimal . Hal ini dibuktikan dengan nilai rata - rata mata pelajaran IPS masih rendah yaitu 60 , masih dibawah KKM yang ditetapkan yaitu 70. Oleh karena itu guru diharapkan mencoba suatu metode yang efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa . Metode pembelajaran yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa adalah metode kerja kelompok . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menerapkan metode kerja kelompok . Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IV C MIN Karang Baru kecamatan Selaparang kota Mataram yang berjumlah 26 siswa . Data dalam penelitian ini diambil melalui pedoman observasi dan pemberian tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada siklus I nilai rata - rata 70,3 dengan presentase ketuntasan 57,69 % . Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II nilai rata - rata menjadi 77,6 dengan presentase ketuntasan 80,76 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C MIN Karang Baru kecamatan Selaparang kota Mataram tahun pelajaran 2015/2016 , sehingga pengembangan pembelajaran IPS dengan metode kerja kelompok diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; metode kerja kelompok; hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 06:34 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 08:25 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2582 |
Actions (login required)
View Item |