Hafizah, Qoriatun (2020) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap kemampuan menghitung deret aritmatika. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Qoriatun Hafizah 151144054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Turnamen) terhadap kemampuan menghitung Deret Aritmatika siswa kelas XI MA NW Peseng Tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik cluster Random Sampling Sampel dalam penilitian ini sebanyak dua kelas yitu kelas XI A dengan jumlah 28 siswa dan kelas XI B dengan 36 siswa. Dalam penelitian ini peneliti membagi kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dan metode observasi. Hasil validitas instrument diperoleh rhitung > rtabel. Reliabilitas instrument menggunakan alfa cronbach diperoleh nilai ri sebesar 0,79 berkategori tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji-t Polled Varians yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas diperoleh nilai 2hitung = 0.4107 < 2tabel dengan dk (derajat kebebasan) = 6 – 3 = 3, dan taraf signifikan 5 % adalah 7.8147. Adapun normalitas kelas kontrol diperoleh harga 2hitung = 1.2918 < 2tabel dengan dk (derajat kebebasan) = 7 – 3 = 4, dan taraf signifikan 5 % adalah 9.4877. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung sebesar 1.5359 < Ftabel dengan dk penyebut (28 – 1 = 27) dan dk pembilang (36 – 1 = 35) serta taraf signifikan sebesar 5% atau F (o.o5,35,27) = 1.8571. Analisis data yang digunakan menggunakan aplikasi MATSTAT versi 0.1 diperoleh hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, nilai thitung = 7.1758 pada taraf signifikan 5%., nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel = 1.9989 pada taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau dalam artian ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan hasil belajar kelas kontrol. Hasil analisis uji efektivitas hasil tes dari 28 siswa kelas eksperimen diperoleh sebanyak 27 siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan persentase sebesar 94,429%. dan siswa yang peroleh nilai ≤ 65 sebanyak 1 orang. Sedangkan hasil tes dari 36 siswa kelas kontrol diperoleh sebanyak 20 siswa yang mendapatkan nilai tuntas dan 16 siswa lainnya mendapatkan nilai ≤ 65, sehingga porsentasi yang diperoleh sebesar 55,556 %. Berdasarkan paparan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tounament) efektif terhadap kemampuan menghitung Deret Aritmatika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; model kooperatif tipe team games tournament; deret aritmatika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 21 Dec 2021 08:52
Last Modified: 21 Dec 2021 08:52
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item