Astuti, Sri (2017) Pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 3 Sepit Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Sri Astuti 151139276.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Latar belakang penelitian ini adalah mengingat kecepatan setiap peserta didik dalam pencapaian kompetensi tidak sama, maka dalam pembelajaran terjadi perbedaan kecepatan belajar antara peserta didik yang pandai dan yang kurang pandai. Sementara pembelajaran berbasis kompetensi mengharuskan dasar secara perorangan. Ada beberapa implikasi dari prinsip tersebut mengharuskan dilaksanakannya program perbaikan bagi siswa yang belum tuntas dan pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas. Program perbaikan dan pengayaan ini nantinya sangatlah penting bagi guru untuk mengetahui perkembangan peserta didik serta melakukan penelitian terkait bagaimana pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 3 Sepit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatiaf dengan mengambil latar di SDN 3 Sepit Kabupaten Lombok Timur. Penyajian data hasil penelitiannya dipaparkan dalam bentuk uraian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknisi analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, analisis data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas (kepercayaan) dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan, (1). Perbaikan dilaksanakan pada jam mata pelajaran seperti biasa, guru memberikan pembelajaran ulang terkait materi yang masih belum dipahami. pembelajaran ulang dilakukan dua kali pertemuan, dalam proses kegiatan pembelajaran teman yang sudah tuntas dilibatkan guru menjadi tutor untuk membantu teman yang mendapat perbaikan, pemberian tes perbaikan diakukan satu kali pertemuan dan hasilnya nilai rata-rata peserta didik sudah memenuhi KKM, meski ada sedikit peserta didik yang hasil belajar terjadi peningkatan sedikit, hal tersebut dikarenakan factor IQ pada diri siswa tersebut. (2) Sedangkan pengayaan dilakukan dengan dua metode yakni kegiatan pengayaan yang pertama (a) siswa yang mendapat pengayaan diikut sertakan guru untuk terlibat dalam kegiatan perbaikan, mereka dimanfaatkan menjadi tutor terhadap temannya, sehingga dalam kegiatan perbaikan mereka bisa mendapakan wawasan dan pengalaman baru, kedua (b) kegiatan pengayaan dilakukan diluar jam sekolah. pada jam sore hari jam seperti biasa saat kegiatan les sore. guru memberikan tugas berupa pemecahan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut secara berkelompok, hasil dari kegiatan tersebut kemudian dipersentasikan. hasil kegiatan pengayaan sudah cukup maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | program perbaikan; pengayaan; pembelajaran ulang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 06:09 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 06:09 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1332 |
Actions (login required)
View Item |