Purnamasari, Ita (2021) Analisis kesulitan belajar keterampilan berbicara pada kelas VIII MTs “Al Intishor Sekarbela Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ita Purnamasari 160102056_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan pembelajaran bahasa arab dan untuk mengetahui Analisis kesulitan belajar keterampilan berbicara ( maharatul kalam ) Siswa kelas VIII di MTs ALIntishor Bendega Sekarbela Mataram tahun pelajaran 2020/2021 Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode yang di gunakan mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dengan terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi tentang kegiatan pembelajaran bahasa arab dan apa saja kesulitan siswa dalam belajar keterampilan berbicara ( maharatul kalam ) . Metode wawancara untuk memeperoleh data dan informasi terkait kegiatan pembelajaran dan metode guru dalam mengatasi analisis kesulitan belajar keterampilan berbicara ( maharatul kalam ) pada siswa, dalam pembelajaran bahasa arab yang dirasakan oleh siswa dalam pembelajara tersebut. Dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data , dan informasi tertulis seperti buku-buku, majala, raport, daftar kegiatan dan sebagainya yang terkait dengan gambaran MTs AL-Intishor Bendega Sekarbela Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan lancar dengan mengacu pada pelaksanaan pembelajaran yang di laksanakan, materi yang digunakan diambil dari buku pelajaran bahasa arab. Problematika yang dihadapi dalam analisis kesulitan belajar keterampilan berbicara ( maharatu kalam) pada siswa berbeda-beda, antara lain problematika dari guru, problematika dari siswa, problematika dari lingkungan sekolah. Namun di balik semua problematika ini ada beberapa solusi yang dihadirkan bagi guru yaitu guru lebih aktif pada saat pembelajaran bahasa arab, mengajarkan huruf hijaiyah yang mereka bisa sambungkan harus menjelaskan ulang bahwa selain menghafal ,menulis itu penting dalam keterampilan berbicara ,menggunakan buku referensi tambahan dalam mengajarkan selain menggunakan buku paket sekolah dan penguasaan alokasi waktu yang efektif. Solusi masalah bagi siswa yaitu melatih siswa berbicara bahasa arab, siswa lebih banyak menghafalkan mufrodhat dan mempraktekan berbicara menggunakan bahasa arab ,berpengaruh terhadap kelancaran dan kefasihan dalam keterampilan berberbicara. INGGRIS The purpose of this study is to determine Arabic language learning activities and to determine difficulty analysis learning speaking skills (maharatul kalam) Class VIII students at MTs AL-Intishor Bendega Sekarbela Mataram in the 2020/2021 school year In this study, researchers used a qualitative descriptive approach. The methods used to collect data are observation, interviews, and documentation. The method of observation is by going directly to the field to obtain information about Arabic learning activities and what are the difficulties of students in learning speaking skills (maharatul kalam). The interview method is to obtain data and information related to learning activities and teacher methods in overcoming the analysis of learning difficulties in speaking skills (maharatul kalam) in students, in learning Arabic that is felt by students in these lessons. And the documentation method is used to obtain data and written information such as books, majala, report cards, activity lists and so on related to the description of MTs AL-Intishor Bendega Sekarbela Mataram. The results showed that the learning process ran smoothly with reference to the implementation of the learning that was carried out, the material used was taken from Arabic textbooks. The problems faced in the analysis of the difficulty of learning speaking skills (Maharatu Kalam) in students vary, including problems from teachers, problems from students, problems from the school environment. But behind all these problems, there are several solutions that are presented for the teacher, namely the teacher is more active when learning Arabic, teaching hijaiyah letters that they can connect to must explain again that apart from memorizing, writing is important in speaking skills, using additional reference books in teaching in addition to using school textbooks and mastery of effective time allocation. The solution to the problem for students is to train students to speak Arabic, students memorize more mufrodhat and practice speaking using Arabic, which affects fluency and fluency in speaking skills.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; keterampilan bicara; kesulitan bicara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:05
Last Modified: 21 Jun 2021 03:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item