Efendi, Akhmad Samsul Rizal (2016) Hubungan kompetensi profesinal guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII di MTs NW Kabar 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Akhmad Samsul Rizal Efendi 151116260.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kopetensi professional guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS (terpadu) kls VII di Mts NW Kabar Lotim Tahun Ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalali pendekatan kuantitatif jenis korelasi yaitu mencari kejuatan hungan dua variabel. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kls VII Mts NW Kabar. Lotim Tahun Ajaran 2017/2017 sebanyak 95 siswa. Dan menjadi Sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian siswa kls VII Mts NW Kabar yaitu kls A berjumlah 32 siswa yang diambil dengan menggunakan cluster sampling yakni mengambil sebagian populasi dari jumlah populsi 95 orang yang terbagi dalam 3 kls. Instrument yang digunakan adalah instrument angket dan metode pengumpulan data menggunakan (1) metode angket (2) Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis data maka diketahui hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi produk momen yaitu t-hitung lebih besar dari pada t-tabel yaitu 0,5522 0,349 telah disesuaikan dengan tabel dengan taraf 5%, N=30 F-Tabel 0,349, Dengan demikian kopetensi pfofesional guru dianggap memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaraan ips siswa kls VII Mts NW.Kabar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hubungan profesional guru; prestasi belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:01
Last Modified: 21 Sep 2022 02:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item