Thoiyyibah, Dzurryatan (2022) Pengaruh penggunaan games terhadap keterampilan berbahasa inggris siswa di MA Al-Jihad Ngali Bima. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
2022-TBI-Dzurryatan Thoiyyibah 180107067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (32MB)

Abstract

INDONESIA "Pada awal abad kedua puluh satu, bahasa Inggris di dunia berada dalam keseimbangan yang genting. Pada saat ini, bahasa Inggris diakui sebagai bahasa internasional yang penting. Ada banyak ide bagus untuk mengajar bahasa Inggris. Di antaranya, menggunakan permainan di kelas bahasa Inggris adalah salah satu yang paling mudah diterima siswa dan juga merupakan bagian yang sangat berguna dan bermanfaat dari teknik komunikatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek signifikan dari penggunaan game terhadap keterampilan berbahasa Inggris siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah desain pra-eksperimental dengan satu kelompok pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas dua di MA Al-Jihad Ngali Bima. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah tes. Temuan penelitian menunjukkan bahwa skor Rata-rata pra-tes sebelum perawatan dengan menggunakan game adalah 63,00, sedangkan skor Rata-rata pasca- tes setelah perawatan adalah 77,50. selanjutnya, berdasarkan t-test, hasil skor Mean dari post-test lebih tinggi dari pada pra-tes. Ini berarti bahwa siswa mendapat perlakuan yang berbeda sebelum dan sesudahnya. Nilai sig uji t sampel berpasangan adalah 0.000, nilainya lebih rendah dari 0,05 (0.000<0,05). Ini menyimpulkan bahwa hipotesis statistik: dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Ini berarti bahwa menggunakan game secara signifikan mempengaruhi kemampuan berbahasa Inggris siswa. Dari hasil penelitian tersebut juga dapat disimpulkan bahwa permainan mampu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dengan menggunakan pengobatan. Selain itu, dapat dilihat bahwa hasil dari metode yang diterapkan mampu mengembangkan minat siswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:09
Last Modified: 09 Sep 2024 05:09
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6290

Actions (login required)

View Item View Item