Susan, Nurbayani (2022) Strategi relationship marketing dalam meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan mikro study kasus pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Gerung. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurbayani Susan 170502213.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Dalam penelitian ini peneliti sudah menemukan berbagai macam masalah khususnya permasalahan mengenai pembiayaan mikro, dimana ada beberapa nasabah yang tidak disiplin dalam melakukan pembiayaan mikro diantaranya seperti mancetnya pembayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi relationship marketing dalam meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan mikro. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model spradley. Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi relationship marketing yang diterapkan oleh PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gerung dapat terlaksana dengan baik, dimana ketika bank menggunakan pendekatan-pendekatan social benefit, financial benefit, structural benefit dan kedisiplinan. Dalam pendekatan ini PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gerung melakukan relationship yang lebih intens kepada nasabah dengan menanyakan kabar dan bagaimana kenyamanan dalam menggunkan barang yang telah dibelinya melalui pembiayaan mikro, disamping itu bank juga selalu mengingatkan nasabah ketika sudah mendekati jatuh tempo pembayaran angsuran. Penerapan inilah yang menjadi strategi relationship marketing dalam upaya untuk menjaga dan meningkatkan pendekatan dengan nasabah supaya nasabah pembiayaan mikro disiplin dalam melakukan pembayaran pada bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: relationship; marketing; kedisiplinan; pembiayaan mikro
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 19 Jul 2024 00:24
Last Modified: 19 Jul 2024 00:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6052

Actions (login required)

View Item View Item