Amani, Naelul (2022) Peran layanan customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan : studi pada PT. BPR Syariah PNM Patuh Beramal Bertais. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Naelul Amani 180502206.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui penerapan model/pola layanan customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan studi pada PT. BPR Syariah PNM Patuh Beramal Bertais. 2. Untuk mengetahui peran layanan customer relationship management terhadap loyalitas nasabah studi pada PT. BPR Syariah PNM Patuh Beramal Bertais. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif yakni langkah dimana peneliti harus mendeskripsikan suatu objek fenomena atau setting sosial yang akan dijelaskan dalam bentuk tulisan bersifat naratif. Adapun dalam memperoleh data peneliti menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data-data yang valid. Hasil dari penelitian ini adalah pola yang diterapkan oleh PT.BPR syariah PNM patuh beramal yakni customer service melayani nasabah sebaik mungkin baik yang meminta bantuan maupun yang berkeluh kesah dengan masalahnya, dengan menerapkan tingkat kualitas seperti berikut: kemampuan untuk menolong pelanggan dan ketersediaan untuk melayani pelanggan dengan baik serta kemampuan untuk melakukan pelayanan sesuai yang dijanjikan dengan segera akurat dan memuaskan, lalu mempunyai rasa peduli untuk memberikan perhatian secara individual kepada pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan, serta kemudahan untuk dihubungi. Pihak bank berperan dalam berintraksi dengan nasabah harus mampu memaksimalkan dan yang utama membuat seorang nasabah tersebut nyaman. Dengan menganggap nasabah sebagai teman, sahabat dan keluarga, tidak hanya sebagai rekan bisnis saja hal ini sebagai nilai utama dalam peran CRM, tidak hanya itu pihak bank harus mempunyai pengetahuan bahasa yang baik yang artinya bukan menguasai bahasa Indonesia saja namun menguasai bahasa lain dengan tidak melupakan bahasa daerah untuk melayani penduduk lokal dengan bahasa Indonesia yang kurang lancar. Bank selalu berusaha untuk selalu bisa memahami nasabah baik dari karakter agar dapat saling memahami untuk tidak saling mengecewakan guna mendapat keloyalitasan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: layanan; customer relationship management; loyalitas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:42
Last Modified: 15 Jul 2024 03:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6025

Actions (login required)

View Item View Item