Maulal Irhamni, Laila (2023) Penerapan media gambar dan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Negeri 01 Wanasaba. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Laila Maulal Irhamni 200110101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 01 Wanasaba. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak masih belum berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang ada di sekolah, pembelajaran yang dilakukan pada umumnya masih bersifat monoton, penyampaian materi yang dilakukan oleh pendidik biasanya dengan metode ceramah atau bercakap-cakap saja, dan minat anak masih kurang dalam belajar. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadinya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak dari siklus I ke siklus II. Dimana pada siklus I ke siklus II memperoleh nilai ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 76,47% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapat nilai dengan jumlah 92,15% kategori sangat baik Dari hasil tersebut dapat dilihat nilai yang didapatkan sudah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu sudah mencapai nilai lebih dari 85%, maka dapat dikategorikan tuntas. Dimana dari nilai ketuntasan klasikal yang didapatkan sebesar 92,15%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar buah-buahan huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak di TK Negeri 01 Wanasaba. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil terjadinya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak dari siklus I ke siklus II. Dimana diperoleh pada siklus I ke siklus II hasil observasi aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 22,22%, memperoleh nilai rata-rata pada siklus I dengan jumlah 69,89% dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 91,11% dan dapat dikategorikan sangat baik. Selanjutnya hasil observasi aktivitas siswa siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 20,46%, memperoleh nilai rata-rata pada siklus I dengan jumlah 66,07% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,53% dengan kategori sangat baik. Demikian juga dengan hasil kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak mengalami peningkatan dengan jumlah 15,68%, memperoleh nilai ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 76,47% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapat nilai dengan jumlah 92,15% kategori sangat baik. Dari hasil tersebut dapat dilihat nilai yang didapatkan sudah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu sudah mencapai nilai lebih dari 85%, maka dapat dikategorikan tuntas. Dimana dari nilai ketuntasan klasikal yang didapatkan sebesar 92,15% terdapat 15 siswa yang tuntas dari 17 siswa, sedangkan 2 siswa yang belum tuntas memiliki kendala masih belum bisa membedakan bentuk huruf dan nama huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Buah, Huruf Hijaiyah, Anak Usia 5-6 Tahun.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:41
Last Modified: 10 Jun 2024 06:41
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5970

Actions (login required)

View Item View Item