Nurbayani, Hafsari (2023) Upaya guru dalam pembentukan karakter anak melalui program pramuka prasiaga di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. UIN Mataram.

[img] Text
Hafsari Nurbayani- 200110088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya guru dalam membentuk karakter anak melalui program pramuka prasiaga dengan melihat adanya fonomena Krisis moral yang begitu mengkhawatirkan untuk generasi selanjutnya. Sehingga program pramuka prasiaga ini dirasa sebuah cara baru untuk membentuk karakter anak sevagai pondasi paling dasar bagi anak dalam mencari jati diri. Program pramuka prasiaga ini juga diimplementasikan dengan konsep yang begitu menarik sebagai bentuk upaya dari guru dalam memebtnuk karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah tentunya untuk (1) mengetahui bagaimana bentuk implemntasi dari program pramuka prasiaga tersebut dan, (2) dapat mengetahui dan melihat apa saja upaya guru dalam menanamkan karakter melalui kegiatan program pramuka prasiaga ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana subjek dalam penelitian ini adalah guru dana anak. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan ialah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dengan menarik kesimpulan. Pendidikan karakter saat ini menjadi sangat penting melihat terjadinya krisis moral pada negara kita. Diakui atau tidak saat ini terjadi krisis moral yang sangat nyata dan begitu mengkhawatirkan dalam masyarakat terutama pada anak-anak. Akibat terjadinya krisis moral ini, maka pengembangan karakter anak memerlukan pembiasaan dan keteladanan di sekolah ataupun dirumah. Dengan adanya Pramuka prasiaga untuk anak usia dini merupakan sebuah cara baru dari pada sebelumnya untuk pembentukan karakter anak, dan menjadi solusi praktis bagi penyelenggara sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di satuan Taman Kanak-kanak dan di satuan komunitas Pramuka melalui pendekatan bermain. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak, karena guru adalah orang yang paling menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran maupun pembentukan karakter melalui keteladanan yang diterapkan oleh guru sebagai bentuk upaya guru dalam membentuk karkter anak. Penelitian ini bertujuan ini dilakukan di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi dari program pramuka prasiaga ini dibagi menjadi 2 kagiatan yaitu Perkemah Satu Hari (PERSARI) dengan rangkaian acara kemah yang diadakan satu hari yang di dalamnya terdapat rangkain acara yang membuat peserta didik banyak mengeksplor sesuatu yang belum di lihat, seperti mendirikan tenda, upacara, bermain games dan sejenisnya. Adapun kegiatan kedua adalah kegiatan Gebyar Prasiaga yang diadakan oleh IGTKI Mataram selama 3 hari. Peserta didik akan mengikuti lomba menyanyi, puisi, fashion show, tari, bermain permainan tradisoanal, dan sejenisnya. Tentunya implementasi program pramuka prasiaga ini harus di konsepkan dengan rencana yang matang agar acara didalamnya dapat memberikan kesan yang menarik bagi setiap peserta didik yang dapat mempengaruhi lahirnya karakter baik sesuai harapan. (2) selanjutnya upaya guru dalam implementasi program pramuka prasiaga ini dilakukan guru dengan menanamkan kedisiplinan, memberikan keteladanan, dan upaya guru dalam melakukan pembiasaan. Tiga upaya guru inilah yang menjadi upaya utama dalam membangun pondasi paling mendasar untuk melahirkan anak yang berkarakter di masa mendatang. Kemudian dapat dilihat oleh peneliti bahwa karakter yang menonjol pada anak-anak di TK Islam Nurul Iman ini adalah rasa percaya diri, religius, disiplin, jujur, mandiri, tanggung jawab, rasa ingin tahu, komunikatif, semangat kebangsaan dan cinta tanah air yang termuat dalam 18 karakter menurut kemendiknas tahun 2010.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: upaya guru, karakter, pramuka prasiaga"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:03
Last Modified: 10 Jun 2024 03:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5968

Actions (login required)

View Item View Item