Sopiandi, Wawan (2023) Pengaruh penerapan metode langsung terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Negeri Sumbawa Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
WAWAN SOPIANDI 170102071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini membahas tentang Penerapan Direct Method (Metode Langsung) dalam meningkatkan minat Siswa Kelas VII F pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri r Sumbawa. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena banyak siswa yang belum bisa berbicara dan membaca tulisan Arab serta susah untuk memahami materi yang diajarkan, dan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di sekolah masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga kurang menarik perhatian belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti akan menerapkan direct method (metode langsung), yang merupakan suatu metode pembelajaran dimana siswa dapat berlatih berbicara bahasa Arab secara langsung dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran akan menjadi lebih bermakna. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan direct method (metode langsung) siswa kelas VII F pada mata pelajaran Bahasa Arab, bagaimana perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan Direct Method (metode langsung) kelas VII F pada mata pelajaran Bahasa Arab, dan bagaimana penerapan direct method (metode langsung) dalam meningkatkan minat siswa kelas VII pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiya Negeri r Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pre-Experiment tipe One Group Pretest-Posttes Disegn. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah ''ir orang dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F MTSN 2 Sumbawa yang berjumlah i' orang. Penelitian ini diterapkan sampel probability sampling tipe cluster random sampling. Alat pengumpul datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes (pretest dan posttest). Untuk teknik analisa data, peneliti menggunakan teknik Test ""t"" dalam keadaan sampel Besar (N lebih dari 30) dan kedua sampel tersebut satu sama lain saling berhubungan, Hasil penelitian menunjukkan hasil tanpa diterapkan direct method (metode langsung) tergolong rendah, dan dengan diterapkan direct method (metode langsung) tergolong tinggi. Penerapan Direct Method (Metode Langsung) dalam Minat Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri r Sumbawa pada materi dialog sederhana tentang terlihat secara signifikan lebih baik dibandingkan tanpa diterapkan direct method (metode langsung). Hal ini terlihat berdasarkan hasil analisis data yaitu df= 203< 17,8 > r2,72 yang kita peroleh interpretasi ttabel 2,03 < 17,8 > 2,72 karena rxy lebih besar dari harga t taraf signifikan ' % dan ° % maka hipotesis nihil (Ho) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab antara sebelum dan sesudah diterapkan direct method (metode langsung). Ini mengandung makna penerapan direct method (metode langsung) telah berhasil dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII F pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sumbawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Jun 2024 06:31
Last Modified: 03 Jun 2024 06:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5925

Actions (login required)

View Item View Item