Nastiar, Reza (2024) Faktor kesulitan menulis mengarang terbimbing menggunakan bahasa arab pada kelas Tiga Madrasah Tsanawiyah Al-Banun Narmada Desa Tanak Beak Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
REZA NASTIAR (200102043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian penulis terhadap kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam belajar menulis mengarang terbimbing menggunakan bahasa Arab di MTs Al-Banun pada kelas sembilan. Di mana penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini dikarenakan, hanya di MTs ini siswa yang mengalami kesulitan belajar menulis mengarang terbimbing mengunakan bahasa arab. Fokus yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) apa saja faktor kesulitan menulis mengarang terbimbing menggunakan bahasa arab ? (2) bagaimana cara guru mengatasi kesulitan dalam belajar menulis mengarang terbimbing menggunakan bahasa arab ? Jenis dalam penelitian ini meggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa (1) peneliti menemukan beberapa faktor kesulitan yang dihadapi sisiwa dalam belajar menulis mengarang terbimbing baik faktor internal dan eksternal. (2) Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa guru di Madrasah Tsanawiyah Al- Banun telah menerapkan berbagai strategi yang beragam dan holistik dalam mengatasi kesulitan siswa dalam belajar menulis mengarang terbimbing menggunakan bahasa Arab. Pendekatan ini mencerminkan komitmen guru untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung, di mana setiap siswa dapat mengembangkan keterampilan menulisnya dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis, mengarang terbimbing, bahasa arab"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:00
Last Modified: 03 Jun 2024 04:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5921

Actions (login required)

View Item View Item