Nurfadilah, Nurfadilah (2023) Analisis capaian pembelajaran matematika kurikulum merdeka terkait stem pada jenjang sma sederajat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
NURFADILAH 200103054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian peneliti terhadap perubahan kurikulum di Indonesia. Hingga pada saat ini dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini ada dua yang meliputi: (1) Untuk mendeskripsikan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Matematika pada jenjang SMA sederajat; (2) Untuk mendeskripsikan bentuk pemetaan capaian pembelajaran matematika pada jenjang SMA sederajat yang berkaitan dengan STEM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Analisis Isi. Objek penelitian yang digunakan disini, yaitu capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu instrumen utama dan instrumen pendukung. Prosedur penelitian ini meliputi: (a) Memilih konten yang akan dianalisis; (b) Menentukan unit dan kategori analisis; (c) Mengembangkan aturan coding; (d) Melakukan coding berdasarkan aturan coding; (e) Menganalisis hasil dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan dua temuan yang meliputi: (1) Kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di jenjang SMA sederajat dibagi menjadi dua fase, yaitu fase E dan F yang masing-masing fase memuat capaian pembelajaran yang dibagi menjadi empat elemen yang meliputi: (a) elemen Bilangan; (b) elemen Aljabar dan Fungsi; (c) elemen Geometri; (d) elemen Analisis data dan Peluang; (2) Elemen yang banyak dikaitkan dengan dengan STEM adalah, (a) Analisis data dan Peluang karena CP pada elemen ini banyak yang mengarah pada standar STEM; (b) elemen Geometri; (c) elemen Aljabar dan Fungsi; (d) elemen Bilangan karena pada fase E dan F ini hanya meneruskan pada fase A, B, C, dan D. Peran Engineering sudah masuk pada standar STEM NGSS. Sedangkan peran teknologi adalah sebagai alat atau media yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, STEM, Jenjang SMA Sederajat, Analisis Isi"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 May 2024 07:42
Last Modified: 28 May 2024 07:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item