Seprilia Putri, Mia (2024) Efektifitas pembelajaran matematika berbantuan aplikasi maple untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada materi integral. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MIa Seprilia Putri 190103009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika berbantuan aplikasi Maple untuk meningkatkan pemahaman matematis mahasiswa pada materi Integral. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksprimental dengan desain penelitian One-group pretest-posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 101 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah 31 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Judgement Sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa Tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sig < a= 0,05, maka diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa pembelajaran matematika dengan berbantuan aplikasi Maple. Selanjutnya dilakukan lagi pengujian efektifitas dengan uji N-Gain dan didapatkan hasil nilai N-Gain sebesar 90,42. Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila nilai N-Gain-nya > 76. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan berbantuan aplikasi Maple efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada materi Integral.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Pembelajaran, Aplikasi Maple, dan Pemahaman Konsep Matematis, Integral"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 May 2024 07:05
Last Modified: 28 May 2024 07:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5876

Actions (login required)

View Item View Item