Nurviana, Reni (2023) Tingkat pengetahuan tentang riba dalam pengambilan keputusan berhutang pada rentenir (Studi Kasus Pedagang di Pasar Kebon Roek Ampenan). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Reni Nurviana 190501109 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan pedagang tentang riba pada praktik utang piutang pada rentenir di Pasar Kebon Roek Ampenan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu data primer dan data sekunder serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Pengetahuan para pedagang di Pasar Kebon Roek mengenai riba praktik pinjaman utang piutang berbunga pada rentenir menunjukkan mereka memahami larangan riba dalam agama Islam. Mereka juga menyadari bahwa traksaksi utang piutang yang telah dilakukan mengandung unsur riba karena melibatkan bunga atau penambahan. (2) Praktik rentenir di Pasar Kebon Roek Ampenan mempengaruhi kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan dua dampak, yaitu dampak positif dan negatif. Dampak buruk dari praktik rentenir termasuk jebakan utang, ketergantungan pada rentenir, bunga tambahan semakin meningkat. Dampak terhadap penghasilan para pedagang di Pasar Kebon Roek Ampenan adalah sebagian dari mereka tidak mengalami peningkatan pendapatan setelah meminjam uang dari rentenir. Ada beberapa pedagang yang telah meminjam uang dari rentenir tetapi tidak memengaruhi penghasilan mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan; rentenir; keputusan berhutang
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 28 May 2024 06:38
Last Modified: 28 May 2024 06:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5875

Actions (login required)

View Item View Item