Kartika, Meri (2021) Pembelajaran matematika melalui Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Meri Kartika 1501030421.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) yang mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-A MTs. Negeri 3 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan pre-test yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-A tergolong masih kurang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, mengumpulkan dan memeriksa hasil pre-test, tes formatif, dan post-test, mewawancarai subjek penelitian, dan dokumentasi. Subjek penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling yaitu dengan memilih 4 orang siswa yang memenuhi kebutuhan penelitian sesuai dengan tingkatan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-A tergolong dalam kriteria cukup. Dilihat dari persentase rata-rata skor yang diperoleh yaitu 72%. Sebanyak 16 siswa dari 37 siswa yang masuk kriteria cukup. Adapun analisis tiap indikator yang diukur yaitu siswa kelas VII-A sudah cukup baik dalam memberikan penjelasan dasar memperoleh persentase rata-rata skor 67%, cukup baik dalam membangun keterampilan dasar dengan persentase rata-rata skor 74%, dan cukup baik dalam indikator menyimpulkan dengan perolehan persentase rata-rata skor 72%. Berdasarkan kemampuan berpikir kritis yang sudah dianalisis pada post-test yang dilakukan 37 siswa, terdapat 2 siswa berada pada kriteria sangat baik, 16 siswa masuk kriteria baik, 16 siswa tergolong kriteria cukup, dan terdapat 3 siswa masih pada kriteria kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Contextual Teaching and Learning (CTL)"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 May 2024 06:45
Last Modified: 28 May 2024 06:45
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5874

Actions (login required)

View Item View Item