Yuliatin, Ida (2023) Analisis strategi pemasaran pedagang pasar tradisional dalam menghadapi modernisasi pasar Di Kelurahan Tanjung Karang Kota Mataram ( Studi Kasus pada Pedagang Pakaiaan di Pasar Perumnas ). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ida Yuliatin 190501032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Strategi pemasaran dengan menerapkan sistem bauran pemasaran 4P yang terdiri dari strategi produk, strategi harga, strategi tempat, strategi promosi. Keberagaman strategi pemasaran yang dimiliki oleh para pedagang pakaian tersebut yang akan dilihat oleh peneliti sebagai sumber utama atau objek utama penelitian ini. Strategi pemasaran tersebut dapat berupa alat-alat atau cara-cara yang digunakan oleh para pedagang dalam bertindak ketika mempertahankan eksistensi mereka dalam persaingan dengan toko-toko pakaian modern. Adapun jenis penelitian ini menggunakan Field Research (Penelitian Lapangan) dan bersifat Deskriptif Kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 8 pedagang. Sedangkan dokumentasi dilakukan di pasar tradisional Perumnas. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dipasar tradisional Perumnas ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pemasaran berupa bauran pemasaran oleh pedagang pasar tradisional Perumnas sebagian besar sudah sesuai dengan teori bauran pemasaran meliputi strategi produk, strategi harga, strategi lokasi, dan strategi promosi. Sedangkan dampak dari munculnya toko pakain modern ini mengakibatkan turunnya volume penjualan yang berdmak terhadap turunnya pendapatan yang diperoleh pedagang pasar Perumnas yang mengalami penurunan akibat adanya toko pakain yang berbasis modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; modernisasi pasar
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 27 May 2024 01:32
Last Modified: 27 May 2024 01:32
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5849

Actions (login required)

View Item View Item