Yusril, Yusril (2023) Dampak penggunaan tehnik scaffolding terhadap keterampilan membaca siswa Kelas IX MTsN Negeri 1 Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
YUSRIL 190107077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak penggunaan metode scaffolding pada keterampilan membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IX MTsN 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental satu kelompok menggunakan pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsn 1 Mataram yang berjumlah 952 siswa; sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 1 Mataram yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes membaca dengan tes naratif menggunakan pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini menggunakan tes membaca yang diperoleh dari pre-test dan post-test dihitung dengan bantuan program IMB SPSS versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor dan persentase skor pre-test tertinggi yang dicapai adalah 85, skor terendah adalah 50, dan rata-rata skor siswa adalah 68,7, sedangkan untuk hasil post-test, skor tertinggi yang dicapai adalah 90, skor terendah adalah 60, dan rata-rata skor siswa adalah 76,4. Dengan demikian, terdapat peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan pembelajaran membaca. Hasil uji menggunakan rumus uji t sampel berpasangan menunjukkan bahwa nilai signifikan dua arah adalah 0,000 dengan kriteria jika nilai signifikan dua arah <0,05 maka signifikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode scaffolding memiliki dampak positif dalam meningkatkan pembelajaran membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Scaffolding, Keterampilan Membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 May 2024 02:43
Last Modified: 16 May 2024 02:43
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5800

Actions (login required)

View Item View Item