Trirezeki, Yufita (2023) Penerapan metode bermain peran ( role playing) dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Thariqul Izzah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yufita Trirezeki_180110055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui penerapan metode bermain peran pada kelompok B1 di RA Thariqul Izzah Mataram tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang bertujuan untuk memperbaiki proses, guna meningkatkan efektivitas pendidikan atau sistem pengelolaan. Model penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah kelompok B1 dengan jumlah anak sebanyak 15. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbahasa anak dari siklus I sampai pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada ketuntasan belajar siklus I yaitu 55,41 dan pada siklus II nilai rata-rata anak meningkat menjadi 76,66 Sedangkan nilai ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II yaitu dari 40% menjadi 86,66% Selanjutnya pada aktivitas guru dari siklus I ke siklus II mengalami penikatan juga, yaitu dari 73,33% meningkat menjadi 93,33. Kemudian untuk aktivitas anak dari siklus I mendapat 66,66 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80%. Jadi, dapat disumpulkan bahwa penerapan metode bermain peran mampu meningkatan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Dengan demikian bahwa melalui metode bermain peran pada kelompok B1 dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran,, Kemampuan berbahasa"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:00
Last Modified: 05 Dec 2023 04:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5190

Actions (login required)

View Item View Item