Nuryani, Nuryani (2023) Pengaruh lingkungan sekolah dan tontonan terhadap perkembangan sosial emosional anak di TkIT Ibnu Mas'ud Islamic School (IMISC) Labuapi. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nuryani 170110096...pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan sosial emosional yang sangat penting keberadaannya pada diri anak-anak karena hubungannya dengan kemampuan dalam menjalin interaksi dengan orang lain. Seperti halnya pengaruh lingkungan sekolah terhadap perkembangan sosial emosional anak di TKIT Ibnu Mas'ud Islamic School (IMISc) Labuapi, karena peran lingkungan sekolah sangat berpengaruh bagi perkembangan sosioal emosional anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan tontonan terhadap perkembangan sosial emosional anak serta upaya guru dan orangtua untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak di TKIT Ibnu Mas'ud Islamic School (IMISc) Labuapi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa yang ada di TKIT Ibnu Mas'ud Islamic School (IMISc) Labuapi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang terdiri dari, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclution drawing (verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian dalam pengaruh lingkungan sekolah terhadap perkembangan sosial emosional anak di TKIT Ibnu Mas'ud Islamic School (IMISc) Labuapi, menunjukan perkembangan yang cukup baik, karena tidak lepas dari bimbingan guru dan orang tua siswa untuk membantu mengembangkan kemampuan sosial emosional, begitupun dengan pengaruh tontonan terhadap perkembangan sosial emosional anak yang dimana orang tua siswa berperan sangat penting di rumah untuk mengawasi anaknya dalam kegiatan menonton, dan memilih tontonannya. Adapun upaya guru dan orang tau dalam mengembangkan perkembangan sosial emosional anak seperti, 1) orang tua dan guru dapat menunjukkan kasih sayang kepada anak; 2) orang tua dan guru memberikan batasan dan aturan pada anak; 3) orang tua dan guru memberikan contoh yang konkrit""dalam mendidik anak; 4) orang tua dan guru memberikan pujian kepada anak; 5) orang tua dan guru dapat memahami perasaan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengaruh lingukangan sekolah, Tontonan, Perkembangan sosial emosional"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:46
Last Modified: 05 Dec 2023 02:46
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item