Fitriani Rizqi, Nuratika (2023) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di TK IT Al-Imam Asy-Syafl'l Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
NURATIKA FITRIANI RIZQI 190110060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di TK IT Al-Imam Asy-Syafi'i Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024 (2) faktor yang meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di TK IT Al-Imam Asy-Syafi'i Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dengan sumber data yang diperoleh dari anak, guru, dan kepala sekolah di TK IT Al-Imam Asy-Syafi'i Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Adapun pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di TK IT Al-Imam Asy-Syafi'i Mataram, menggunakan 4 strategi, yaitu strategi media kartu huruf, strategi pemberian tugas, strategi buku baca, dan strategi menebalkan huruf, yang paling efektif dari ke 4 strategi tersebut, yaitu strategi buku baca, karena strategi buku baca menarik perhatian anak yang didalamnya banyak unsur bentuk, gambar, yang berhubungan langsung dengan huruf. Adapun hambatan dan solusi dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di TK IT Al-Imam Asy-Syafi'i Mataram tahun pelajaran 2023/2024, melalui tutor teman sebaya, siswa, orang tua, dan motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi Guru, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Usia Dini."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:33
Last Modified: 05 Dec 2023 01:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5177

Actions (login required)

View Item View Item