Ramdani (2023) Penggunaan metode simak terka kata (SITETA) dengan memanfaatkan media audiovisual powerpoint untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IIIA Pada Muatan Bahasa Indonesia SDN 1 Melayu Kota Bima Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
NURFITRAH RAMDANI 190106035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap pentingnya keterampilan menyimak bagi siswa sekolah dasar. Sebanyak 50% aktivitas komunikasi didominasi oleh menyimak, sehingga menyimak perlu mendapat perhatian lebih terutama dalam dunia pendidikan. Permasalahan yang ditemukan adalah peningkatan keterampilan menyimak siswa kelas IIIA SDN 1 Melayu Kota Bima terlaksana dengan kurang efektif sehingga keterampilan menyimak siswa belum memenuhi 85% yang diharapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa melalui penerapan metode SITETA dengan menggunakan media audiovisual PowerPoint di Kelas IIIA SDN 1 Melayu Kota Bima pada muatan bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah SDN 1 Melayu Kota Bima, yaitu siswa kelas IIIA yang jumlah siswanya 21 orang. Sasaran penelitian yaitu proses kegiatan belajar mengajar yang berupa observasi aktivitas guru, hasil observasi aktivitas keterampilan menyimak siswa, dan hasil belajar dari keterampilan menyimak siswa IIIA pada muatan bahasa Indonesia. Desain penelitian meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, tes, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas keterampilan menyimak siswa minimal berkategori baik, aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif, tercapai ketuntasan belajar siswa terhadap keterampilan menyimak dengan ketentuan minimal 85% siswa yang memperoleh nilai 70, aktivitas guru masuk ke dalam kategori terlaksana sangat baik yaitu 80%, dan aktivitas keterampilan menyimak siswa masuk ke dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SITETA dengan memanfaatkan media audiovisual PowerPoint dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IIIA SDN 1 Melayu Kota Bima pada muatan bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal tersebut terbukti dengan hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas guru sebesar 72% (baik), aktivitas keterampilan menyimak siswa masih memerlukan bimbingan, aktivitas belajar siswa sebesar 63% (baik), dan hasil belajar keterampilan menyimak siswa sebesar 71% (belum tuntas). Pada siklus II diperoleh data aktivitas guru sebesar 88% (sangat baik), aktivitas keterampilan menyimak siswa berkategori baik, aktivitas belajar siswa sebesar 83% (sangat baik) dan hasil belajar menyimak siswa sebesar 86% (tuntas).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode Simak Terka Kata, Media Audiovisual, PowerPoint, Keterampilan Menyimak."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:25
Last Modified: 01 Dec 2023 03:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item View Item