Mulyana, Mulyana (2023) Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD di Gugus V Gerung Tahun Pelajaran 2022/2023. Diploma thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MULYANA 180106012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Kecerdasan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat suatu masalah, kemudian menyelesaikan masalah tersebut atau membuat sesuatu yang berguna untuk orang lain.Salah satu unsur kecerdasan yang dimiliki seseorang yaitu kecerdasan interpersonal. Kecerdasann interpersonal adalah kemampuan memahami pikiran, sikap dan perilaku orang lain. Kecerdasan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD di Gugus V Gerung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling acak strata proporsinal sehingga dari 5 SD di Gugus V peneliti menetapkan 3 SD yang menjadi sampel penelitian yang dilakukan di kelas IV. Sampel penelitian dari 3 SD tersebut adalah 79 siswa kelas IV. Data hasil penelitian diperoleh dari angket kecerdasan interpersonal dan dokumentasi nilai raport siswa kelas IV. Data hasil angket kemudian diuji validitasnya dari 19 item soal dinyatakan valid dan diuji reliabilitasnya dengan nilai cronbach's alpha 0,700 > 0,06 dinyatakan reliabel. Uji prasyarat data yaitu uji normalitas data kolmogorov smirnov dengan taraf sig. 5% menunjukkan 0,052 > 0,05 sehinggan data berdistribusi normal. Uji linearitas menggunakan test for linearity menunjukkan 0,021 < 0,05 sehingga data mempunyai hubungan yang linear. Uji hipotesisnya menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai dalam pengujian hipotesis yaitu nilai sig. 0, 025 < dari 0,05 yang artinya Ha diterima. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD di Gugus V Gerung tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan interpersonal, prestasi belajar, siswa sekolah dasar."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:44
Last Modified: 01 Dec 2023 02:44
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5150

Actions (login required)

View Item View Item