Arsika, Asphia and UNSPECIFIED (2023) Problematika guru dalam memanfaatkan media pembelajaran di MI Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Asphia Arsika 190106080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu peneliti terhadap problematika guru dalam memanfaatkan media pembelajaran di MI Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pemanfaatan media pembelajaran? (2) apa saja problematika guru dalam memanfaatkan media pembelajaran?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskrptif. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Dengan melakukan pengecekan data melalui, perpanjangan pengamatan, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi. Sumber data dari hasil wawancara diperoleh melalui kepala madrasah dan guru-guru kelas di MI Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa (1) Pada proses pemanfaatan media pembelajaran, guru-guru di MI Tarbiyatul Mustafid memanfaatkan media pembelajaran sesuai kebutuhan dan kondisi. Adapun media yang digunakan pada proses pembelajaran seperti LCD, Laptop, buku, patung anatomi manusia, kartu huruf yang biasa digunakan pada kelas rendah, alat P3Q, dan media-media sederhana yang tersedia di alam sekitar.(2) Problematika yang dihadapi beberapa guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yaitu siswa sibuk sendiri/ sibuk bermain dengan teman-temannya, keterbatasan media, siswa belum menguasai materi, siswa kurang faham dengan media, dan terbatasnya waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problematika, Guru, dan Media Pembelajaran"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:01
Last Modified: 30 Nov 2023 04:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5138

Actions (login required)

View Item View Item