Sanusi, Ahmad (2023) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada muatan pelajaran IPS di Kelas V Sdi Babussalam Sangkawana Tahun Pelajaran 2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
AHMAD SANUSI 190106242.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS, hal ini dilihat dari ketika proses pembelajaran berlangsung pada mata pelajaran IPS. Beberapa siswa masih kurang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, siswa juga cendrung kurang aktif saat dikelas, dan siswa juga masih kurang fokus dalam proses pembelajaran terlihat ketika diberi kesempatan untuk bertanya, hanya beberapa siswa yang melakukan tanya jawab terkait materi yang dipelajari khususnya mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model berbasis inkuiri terbimbing pada muatan pelajaran IPS kelas V SDI Babussalam Sangkawana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, adapun setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemapuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan presentase 65,45% dengan kategori kurang kritis dan pada saat siklus II mengalami penngkatan dengan presentase 81,81% dengan kategori kritis." "Sedangkan observasi guru dan siswa pada siklus I dan II juga memiliki peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berpikir Kritis, Model Berbasis Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran IPS."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:21
Last Modified: 30 Nov 2023 03:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5136

Actions (login required)

View Item View Item