Indah Haimima, Deana (2023) Analisis kemampuan kolaborasi siswa dalam belajar Studi Deskriptif Di Kelas Tinggi Min 1 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Deana Indah Haimima 1910106203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap kemampuan kolaborasi dalam belajar siswa kelas tinggi di MIN 1 Kota Mataram. Kemampuan kolaborasi siswa dalam belajar di kelas tingi merupakan salah satu kemampuan yang dibutukan sesuai dengan perkembangan abad ke-21. Tujuan yang dikaji dalam skripsi ini adalah : (1) untuk menganalisis secara deskriptif kemampuan siswa bekerja secara efisien dan saling menghormati dengan anggota kelompok yang berbeda ? (2) kemampuan siswa mempraktikan fleksibilitas dan kemauan untuk menjadi bermanfaat dalam melakukan berbagai kompromi yang dibutuhkan (3) kemampuan siswa berbagi tanggung jawab untuk berkolaborasi dan menghargai nilai, kontribusi dari setiap anggota kolaborator. Jenis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MIN 1 Kota Mataram pada tahun pelajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data yang digunakan peneliti adalah data kondentation, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, perpanjangan waktu penelitian dan kecukupan refrensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) siswa bekerja secara efisien dan saling menghormati dengan anggota kelompok yang berbeda (2) siswa mampu mempraktikan fleksibilitas dan kemauan untuk menjadi bermanfaat dalam melakukan berbagai kompromi yang dibutuhkan (3) siswa mampu berbagi tanggung jawab untuk berkolaborasi dan menghargai nilai, kontribusi dari setiap anggota kolaborator. Peneliti menyimpulkan bahwa siswa mampu berkolaborasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kolaborasi; pembelajaran; siswa kelas tinggi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 17 Nov 2023 01:21
Last Modified: 17 Nov 2023 01:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5064

Actions (login required)

View Item View Item