Muhtarom, Muhammad Iqbal (2023) Implementasi HOTS (Higher Order Thingking Skill) dalam pembelajaran bahasa arab dalam meningkatkan keterampilan berbicara di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Al-Aziziyah Tahun Ajaran 2022/2023. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Iqbal Muhtarom 210406011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data nyakni metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Metode observasi ini digunakan untuk mendapatkan informasi dengan mengamati kegiatan atau upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan maharoh kalam tanpa harus terlibat didalamnya. Adapun metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data atau informasi yang terkait tentang bagaimana Implementasi Hots (Higher Order Thingking Skill) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data serta informasi yang terkait tentang Pondok Pesantren Nurul Qur’an Al-Aziziyah. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Al-Aziziyah maka berdasarkan hasil wawancara diatas Membuktikan bahwa penerapan HOTS dalam pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbicara santri di pondok pesantren Nurul Qur’an Al-aziziyah terlaksana dengan menggunakan langkah-langkah Dan tahapan-tahapan yang sudah diterapkan peneliti Yaitu dengan cara menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi. Dan bahwa masalah yang dihadapi oleh Santri itu hampir berfokus pada motivasi dan keadaan mental dari santri itu sendiri yaitu oleh karena rasa malu, rasa takut akan salah, dan kurangnya motivasi serta keinginan santri dalam mempelajari bahasa Arab ini dan menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: hots; maharoh kalam; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:42
Last Modified: 16 Oct 2023 01:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4891

Actions (login required)

View Item View Item