Alwaniah, Hafizatun (2023) Analisis faktor penyebab kesulitan belajar membaca dan menulis permulaan siswa kelas Rendah di SD Negeri 2 Penimbung Lombok Barat Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
HAFIZATUN ALWANIAH 190106038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian penulis terhadap faktor penyebab kesulitan belajar membaca dan menulis permulaan siswa kelas rendah di SD Negeri 2 Penimbung Lombok Barat Tahun Ajaran 2022/2023, ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis dikarenakan ada faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kesulitan belajar calistung, faktor penyebab kesulitan belajar calistung dan cara mengatasi kesulitan belajar calistung siswa kelas rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Jenis data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kesulitan belajar membaca dan menuliis permulaan siswa kelas rendah di SD Negeri 2 Penimbung yaitu rata-rata peserta didik sudah lancar dalam belajar membaca dan menulis, akan tetapi ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan karena peneliti melihat ketika melakukan proses belajar mengajar di dalam kelas. Mereka cenderung bermain, mengganggu temannya yang belajar, dan bahkan ada peserta didik yang tidak terlihat semangat dalam belajar; 2) faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar antara lain dapat disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa, misalnya kesehatan, bakat minat, motivasi, intelegensi, dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar diri siswa misalnya dari lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat; 3) adapun cara mengatasi kesulitan belajar yang dilakukan oleh guru antara lain memberikan bimbingan khusus, memberikan perhatian""penuh, menggunakan media yang menarik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan memberikan motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesulitan Belajar, Membaca Permulaan, Menulis Permulaan, Kelas Rendah"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:10
Last Modified: 29 Sep 2023 02:10
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4794

Actions (login required)

View Item View Item