Najah, Azma Watun (2022) Kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan berkomunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada mata Pelajaran Biologi Kelas XI MAN 1 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Azma Watun Najah 190104071 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

INDONESIA "Sekolah merupakan salah satu sarana dalam menciptakan mutu pendidikan yang lebih baik dan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga terdapat beberapa tuntutan yang harus dipenuhi oleh para siswa. Salah satunya kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas XI MAN 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 MAN 1 Mataram. Hasil penelitian ini adalah: (1) berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0.00 < 0.05, maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa (2) berdasarkan hasil uji t pada nilai akhir keterampilan berkomunikasi siswa, menunjukkan nilai signifikansi 0.01 < 0.05, maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap keterampilan berkomunikasi siswa kelas XI MAN1 Mataram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif, keterampilan berkomunikasi, model pembelajaran TGT"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:11
Last Modified: 25 Sep 2023 04:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4767

Actions (login required)

View Item View Item