Abdul Bari, Arya (2023) Program Sekolah Dalam Merespon Kebijakan Pemerintah Tentang Pendidikan Karakter di SDN 1 Barejulat Lombok Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ARYA ABDUL BARI 190106183.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: Bentuk program sekolah dalam merespon kebijakan pemerintah tentang pendidikan karakter di SDN 1 Barejulat, dan Kendala pelaksanaan program sekolah dalam merespon kebijakan pemerintah dan solusinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi (Conclution Drawing And Verification), pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bentuk program sekolah dalam merespon kebijakan pemerintah tentang pendidikan karakter: a) upacara bendera, b) pramuka, c) yasinan bersama, d) khataman Al-Qur'an, e) pembacaan ayat-ayat pendek. 2) Kendala pelaksanaan program sekolah dalam merespon kebijkan pemerintah dan solusinya: a) kedisiplinan siswa, b) siswa belum lancar membaca Al-Qur'an, c) penyelesaian kegiatan melebihi waktu yang telah ditentukan. Solusinya: a) melakukan kontrol pada saat kegiatan, b) mengingatkan anak-anak melalui guru kelas, c) menekankan siswa untuk selalu membaca Al-Qur'an dirumahnya, d) memilih atau melakukan tes kelancaran siswa membaca Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: program Sekolah, Kebijakan Pemerintah Tentang Pendidikan Karakter."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:21
Last Modified: 16 Aug 2023 03:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item