Putri, Yunisa (2023) Persepsi Siswa EFL terhadap penggunaan debat sebagai strategi pada PT belajar berbicara. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
YUNISA PUTRI 190107036..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi siswa terhadap penggunaan debat sebagai strategi dalam pembelajaran berbicara. Partisipan penelitian terdiri dari 166 mahasiswa EFL (English as a Foreign Language) dari Jurusan Bahasa Inggris UIN Mataram. Dengan menggunakan desain penelitian campuran yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang perspektif, sikap, dan pengalaman siswa terkait penggunaan debat sebagai pendekatan instruksional di kelas EFL. Sepuluh informan dipilih secara purposive sampling berdasarkan kuesioner dan pengalaman mereka dengan kegiatan debat bahasa Inggris dalam kelas berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menganggap debat bahasa Inggris efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka karena memungkinkan mereka untuk berlatih dan mengembangkan pemikiran kritis, kelancaran, dan keakuratan. Setelah terlibat dalam diskusi debat, peserta melaporkan merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, beberapa siswa mengungkapkan kekhawatiran terkait keterbatasan kosakata dan keahlian tata bahasa, yang dapat menghambat penampilan mereka selama debat. Secara keseluruhan, penelitian ini mengungkapkan bahwa debat bahasa Inggris dapat menjadi teknik yang bermanfaat dan menarik untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada pembelajar EFL, namun perlu didukung oleh pelatihan dan pembinaan yang memadai guna mengatasi kekurangan linguistik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi; Debat; Strategi Pembelajaran; Berbicara"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 Jul 2023 05:26
Last Modified: 27 Jul 2023 05:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4563

Actions (login required)

View Item View Item