Wasilah, Riadatul (2022) Memadukan aplikasi kelas untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa tentang teks naratif kelas Sepuluh MAN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Riadatul Wasilah 180107008 2022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini berhubungan dengan memadukan aplikasi kelas untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa tentang teks naratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan sejauh mana memadukan aplikasi Google Classroom dan Kahoot membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman membaca tentang teks naratif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas oleh Kemmis dan Mc.Taggart sebagai desain penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar periksa observasi dan test dalam pengumpulan data. Observasi digunakan untuk mengetahui penerapan memadukan aplikasi kelas selama proses belajar mengajar, sedangkan test digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa dalam pemahaman membaca teks naratif dan penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 3 Mataram yang terdiri dari 14 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif sebagai analisis data untuk mengukur data. Temuan menunjukkan bahwa memadukan aplikasi kelas terutama Google Classroom dan Kahoot membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman membaca tentang teks naratif sekitar 83.5%. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil yang signifikan pada setiap siklusnya. Ada dua siklus dalam penelitian ini yaitu siklus 1 dan siklus 2. Hasil nilai siswa pada pra-test atau sebelum penerapan memadukan aplikasi kelas adalah 50, hasil tes 1 adalah 67,1 dan tes ke 2 83.5. Artinya pemahman membaca siswa tentang teks naratif meningkat dan berhasil ketika menerapkan memadukan aplikasi kelas khususnya Google classroom dan Kahoot di kelas sepuluh sekolah menengah atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: google Classroom; Kahoot; Pemahaman Membaca; Teks Naratif."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:36
Last Modified: 27 Jul 2023 05:12
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item