Irjanawadi, Lalu (2022) Manajemen pembinaan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin Nw Teliah Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lalu Irjanawadi 210403024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini berlatar belakang bahwa kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin NW Teliah merupakan salah satu program unggulan pesantren tersebut. Jenis kegiatan ekstrakurikuler di Irsyadul Mujahidin NW Teliah beragam, diantaranya Pengembangan potensi membaca Kitab Klasik, Hifzul Qur’an, dan Pengembangan Bakat Seni (vocal group/ paduan suara, Instrumen Musik (Burdah, Qasidah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif dengan teknik observasi partisifasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan pengolahan datanya dilakukan analisis data dari berbagai sumber dengan cara menelaah seluruh data kemudian melakukan uji keabsahan data dengan memperpanjang keikutsertaan, pengecekan anggota, uraian rinci, audit ketergantungan dan audit kepastian yang disepakati oleh lembaga yang diteliti. Hasil dari penelitian ini yaitu Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan pada saat Musyawarah Kerja meliputi perumusan tujuan ekstrakurikuler, penentuan pendanaan, penilaian, Penentuan pelatih (Pembina) serta penentuan jadwal kegiatan ekstrakurikuler. Pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler berupa pendelegasian wewenang terhadap unit-unit meliputi Pimpinan Pondok sebagai pelindung, Ketua Pembina Esktrakurikuler sebagai penanggung jawab, Pembina (pelatih) bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan, Organisasi Santri Pondok (OSP) sebagai pelaksana teknis serta mengontrol berjalannya kegiatan ekstrakurikuler. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dengan alokasi waktu 1,5 jam yang dilaksanakan setelah pelajaran kurikuler selesai dan dilanjutkan ba’da ashar dan ba’da magrib sampai isya. Pengawasan kegiatan ekstrakurikuler meliputi mekanisme pengawasan kegiatan ekstrakurikuler, pelaporan hasil kegiatan ekstrakurikuler serta evaluasi kegiatan ekstrakurikuler. Dalam pelaksanaan manajemen kegiatan ekstrakurikuler tidak terlepas dari faktor penunjang yaitu partisipasi santri dan kualifikasi pelatih atau Pembina ekstrakurikuler, sedangkan faktor penghambat yakni tumpang tindih ruang ekstrakurikuler dengan ruang belajar, serta belum terbinanya capacity building pengurus OSP (Organisasi Santri Pondok) secara merata. Hasil yang dicapai dalam manajemen kegiatan ekstrakurikuler yakni tercapainya kegiatan ekstrakurikuler yang efektif, efisien, terorganisir serta adanya pembagian kewenangan yang jelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembinaan; ekstrakurikuler; pondok pesantren; irsyadul mujahidin nw teliah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:41
Last Modified: 18 Jul 2023 03:41
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4515

Actions (login required)

View Item View Item