Pina Elmayana, Baiq (2022) Analisis strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Al-Hidayah Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Baiq Pina Elmayana 180501091.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Strategi pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam memasarkan berbagai produk agar diminati oleh masyarakat. Demikian halnya dengan BMT Al-Hidayah yang salah satunya memiliki produk pembiayaan murabahah. Tujuan dalam penelitian ini adalah melihat bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah yang diterapkan pada BMT Al-Hidayah dalam meningkatkan dan menarik minat nasabah/masyarakat. Dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam memasarkan pembiayaan murabahah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sumber data berasal dari sumber data primer dan sumber data skunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BMT Al-Hidayah menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) dalam pembiayaan murabahah. Dengan menggunakan strategi 4P (product, price, place, promotion). Yaitu produk pembiayaan murabahah pada BMT Al-Hidayah menggunakan persyaratan yang sangat mudah dan biaya administrasinya tergolong sangat mudah, pembiayaan murabahah pada BMT Al-Hidayah lebih dominan dari pembiayan yang lain seperti ijarah, qordh dan mudharabah. Strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah di BMT Al-Hidayah menggunakan margin sesuai dengan SOP yang berlaku dan juga berdasarkan kesepakatan dengan mudharib. Strategi lokasi dari BMT Al-Hidayah sangat strategis dengan berada dipinggir jalan yang bersebrangan dengan pasar tradisional dan disampingnya terdapat toko mebel dan toko-toko lain. Pendistribusian produk BMT Al-Hidayah juga telah beradaptasi dengan digitalisasi. Strategi promosi yang digunakan BMT Al-Hidayah menggunakan strategi personal selling, direct marketing, dan juga word of mouth.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi; Pembiayaan Murabahah; BMT" |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 03:58 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 03:58 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4490 |
Actions (login required)
View Item |