Muliani, Sri (2023) Strategi pemasaran produk tabungan wadiah di Koperasi Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid Desa Badrain Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sri Muliani 190502033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran serta implementasi strategi pemasaran produk tabungan wadiah di Koperasi Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid Desa Badrain Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode yang berfokus untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu kejadian atau pemikiran. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid menerapkan strategi pemasaran pada tabungan wadiah yang terdiri dari bauran pemasaran 7P yang dikemukakan oleh Boom dan Bitner yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang), Phsycal Evidence (bukti fisik), dan process (proses). Sedangkan implementasi strategi pemasaran tabungan wadiah Koperasi Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid ini melalui STP (segmentation, targeting, positioning) yang telah dikemukakan oleh Kotler dan Keller. Sedangkan kendala dalam strategi pemasaran tabungan wadiah Koperasi Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid tidak adanya bagian khusus marketing yang menyebabkan kurangnya promosi yang dilakukan dalam peningkatan jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; bauran pemasaran; implementasi; kendala koperasi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 16 May 2023 07:31
Last Modified: 16 May 2023 07:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item