Zahid, M Zulfahmi (2021) Pengaruh kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMPN 3 Masbagik Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
M Zulfahmi Zahid 1501010045_.pdf

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan melaksanakan pembelajaran, terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Masbagik, Kec. Masbagik, Kab. Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu kemampuan melaksanakan pembelajaran (variabel X) dan hasil belajar siswa (variabel Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dalam bentuk angket pernyataan sebanyak 23 butir pernyataan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Masbagik yang berjumlah 158. Dikarenakan jumlah subjeknya lebih dari 100 maka peneliti mengambil 15% untuk dijadikan ancer-ancernya dengan jumlah sampel 24 siswa, dan adapunjenis penelitian ini menggunakan teknik sempel Random atau sempel acak, artinya peneliti melakukan pemilihan siswa disetiap kelas VII untukdijadikan sampelnya, kemudian dikumpulkan dalam kelas bayangan.Jenis angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdapat pengaruh negatif yang ditunjukan dengan nilai kofesien korelasinya (r) sebesar 24,7%. Dari hasil analisis regresi liniear sederhananya diperoleh persamaan regresi ̂ = 62.119 + 0.281X. Maka hipotesis H0 ditolak dan diterima. Jadi hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh bagaimana pengaruh kemampuan melaksanakan pembelajaran. Dapat dilihat dari hasil koefesien determinansi, bahwa besarnya pengaruh variabel X terhadap varabel Y sebesar 24,7%. Berdasarkan keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh kemampuan melaksanakan pembelajaran belum diterapkan secara maksimal ketika melakukan proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengaruh Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 May 2023 05:50
Last Modified: 16 May 2023 05:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item View Item