Zohri, Haerudin (2020) Strategi komunikasi verbal dan nonverbal tutor dalam pelatihan bahasa inggris (Studi Kasus Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Study Club (ESC) UIN Mataram, Periode 2019-2020). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Haerudin Zohri 153.131.079-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi verbal dan nonverbal tutor dalam pelatihan bahasa Inggris di English Study Club (ESC) UIN Mataram, Periode 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan unit analisis komunikasi verbal dan nonverbal tutor dalam pelatihan bahasa Inggris di English Study Club (ESC) UIN Mataram, Periode 2019-2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Subjek penelitian ini adalah tutor ESC UIN Mataram yang berjumlah 4 orang. Objek penelitian ini adalah strategi komunikasi verbal dan nonverbal tutor dalam pelatihan bahasa Inggris. Temuan penting yang dapat dilihat dari penelitian ini adalah strategi komunikasi tutor ialah menyiapkan diri sebagai komunikator yang baik dengan memandang kewibawaan, kompetensi tutor yang sesuai dengan materi yang disampaikan, kedekatan/keakraban tutor dengan member, dan kepercayaan yang diberikan member terhadap tutor, menyiapkan pesan yang mudah dimengerti, menyiapkan media komunikasi dan merespon umpan balik dengan baik. Bentuk komunikasi tutor secara verbal yakni dengan berdialog dan menggunakan media komunikasi seperti LCD, papan tulis, buku modul dalam bentuk kata-kata. Bentuk komunikasi tutor secara nonverbal yakni terdapat beberapa hal diantaranya penggunaan pesan kinesik, berupa gerakan tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, pemakaian pesan paralinguistic berupa volume suara, pesan proksemik yakni kedekatan antara tutor dengan member, pesan artifaktual yakni tutor menunjukkan identitas diri melalui pakaian yang rapi. Hambatan tutor dalam berkomunikasi pada pelatihan bahasa Inggris adalah hambatan dalam penggunaan bahasa yang kurang tepat, hambatan psikologis pada diri tutor maupun member, hambatan teknis seperti kurangnya sarana dan prasarana dalam proses komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi Komunikasi; Komunikasi Verbal; Komunikasi Nonverbal; Tuto
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:38
Last Modified: 14 Apr 2023 05:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item View Item