Hajar, Siti (2019) Ahammiyyatu ta’limil imla’ fii maharotil kitabah al-arabiyyah litullab asshoffil awwal bi madrosati “Nurul Jannah” Nahdhotul Wathon almutawasithotil Islamiyyah bi Ampenan Mataram Lil ‘Aamiddirosiy 2019/2020. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Hajar 1501020281.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pentingnya Pembelajaran Imla’ dalam keterampilan menulis bahasa arab siswa kelas 1 A di MTs Nurul Jannah NW Ampenan Mataram Tahun Pelajaran 2019-2020. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang kemudian menghasilkan data deskriptif tentang data, pendapat, pemahaman dan dokumen untuk menganalisis terkait penelitian. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian untuk menghasilkan data deskriptif. Dalam hal ini, mendeskripsikan tentang proses pembelajaran imla’ dan masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran imla’. Adapun metode yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran imla’ di kelas diajarkan dengan cara yang mudah dipahami dan menyenangkan, sehingga para siswa merasa sangat termotivasi dan bersemangat dalam mempelajari imla’ karena rata-rata siswa menganggap bahwa pelajaran imla’ sangat penting dalam keterampilan menulis. Dan adapun masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran imla’ yaitu, beberapa siswa masih salah penulisan panjang dan pendeknya huruf, beberapa siswa masih salah dalam menulis huruf-huruf yang makhrajnya mirip, beberapa siswa masih salah dalam menulis huruf-huruf yang baca’annya sama akan tetapi tulisannya berbeda, beberapa siswa masih salah dalam menulis hurufhuruf yang tidak terbaca, beberapa siswa masih salah dalam menyambung hurufhuruf, beberapa siswa masih belum mampu membaca Al-Qur’an denga baik dan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: imla'; keterampilan menulis; keterampilan membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021404 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:20
Last Modified: 28 Jan 2021 04:20
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item