Kurnia, Baiq Rina (2015) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode kerja kelompok pada mata pelajaran IPS di kelas IV C MIN Karang Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Mataram.

[img] Text
Baiq Rina Kurnia 151119063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi adanya kenyataan bahwa rendahnya hasil belajar siswa kelas IV C MIN Karang Baru kecamatan Selaparang kota Mataram tahun pelajaran 2015/2016 dalam pelajaran IPS , kurang optimal . Hal ini dibuktikan dengan nilai rata - rata mata pelajaran IPS masih rendah yaitu 60 , masih dibawah KKM yang ditetapkan yaitu 70. Oleh karena itu guru diharapkan mencoba suatu metode yang efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa . Metode pembelajaran yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa adalah metode kerja kelompok . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menerapkan metode kerja kelompok . Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IV C MIN Karang Baru kecamatan Selaparang kota Mataram yang berjumlah 26 siswa . Data dalam penelitian ini diambil melalui pedoman observasi dan pemberian tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada siklus I nilai rata - rata 70,3 dengan presentase ketuntasan 57,69 % . Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II nilai rata - rata menjadi 77,6 dengan presentase ketuntasan 80,76 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C MIN Karang Baru kecamatan Selaparang kota Mataram tahun pelajaran 2015/2016 , sehingga pengembangan pembelajaran IPS dengan metode kerja kelompok diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; metode kerja kelompok; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:34
Last Modified: 10 Jun 2022 08:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item