Arini, Auliya Amni (2021) Pelayanan dan loyalitas konsumen: studi kasus kompleks pertokoan perhiasan emas dan mutiara Sekarbela, Kota Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Auliya Amni Arini 170501002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Keberhasilan suatu usaha tidak terlepas dari strategi pemasaran yang dijalankan oleh suatu perusahaan. Peningkatan omset penjualan atau jumlah konsumen merupakan aspek yang paling penting yang ingin dicapai oleh perusahaan melalui pemberian pelayanan yang optimal. Seperti halnya penjualan perhiasan emas, sifat emas yang bisa dibentuk sebagai perhiasan tentu menjadi daya tarik bagi masyarakat sebagai konsumen untuk memiliki emas. Berdasarkan hal tersebut membuka peluang usaha bagi masyarakat sehingga dibangun beberapa gerai atau toko emas yang disebut dengan Kompleks Pertokoan Perhiasan Emas. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) untuk menjelaskan bentuk pelayanan yang ditawarkan di Kompleks Pertokoan Emas dan Mutiara Sekarbela (2) untuk menjelaskan upaya pedagang dalam mempertahankan loyalitas konsumen di Kompleks Pertokoan Emas dan Mutiara Sekarbela. Jenis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data collection/pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display conclusion drawing/verification. Hasil dari penelitian ini bahwa bentuk pelayanan yang ditawarkan di Kompleks Pertokoan Emas dan Mutiara ini segi kualitas produk berupa perhiasan buatan tangan (handmade) dengan berbagai model dan jenis perhiasan dengan desain yang sesuai dengan keinginan konsumen. Adapun yang menjadi produk unggulan, yaitu mutiara air lautnya. Adapun Adapun upaya yang dilakukan pedagang untuk mempertahankan loyalitas konsumennya, yaitu dengan menawarkan berupa strap dan konektor masker mutiara, memberikan bonus, dan melayani transaksi online. Pelanggan biasanya mendapat rekomendasi dari kerabat untuk berbelanja di lokasi ini. Hal tersebut merupakan salah satu manfaat loyalitas konsumen bagi pedagang melalui para pelanggan tetap yang sebagian besarnya sebagai reseller.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsumen; loyalitas; strategi pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:57
Last Modified: 18 Apr 2022 01:57
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2396

Actions (login required)

View Item View Item