Prismana, Erwan (2016) Strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah di BMT-Ta’awun desa Lebah Sempaga kecamatan Narmada Lombok Barat. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Erwan Prismana 152125163.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Fungsi utama perbankan adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana dari masyarakat. BMT-Ta’awun menyalurkan dananya kepada masyarakat salah satunya dalam bentuk pembiayaan murabahah. Murabahah merupakan jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang telah disepakati dalam murabahah penjual harus memberitahu harga produk yang dibeli dan menambahkan tingkat keuntungan sebagai tambahan. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apa kriteria pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah di BMT-Ta’awun Desa Lebah Sempaga Kecamatan Narmada Lombok Barat dan apa strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah di BMT-Ta’awun Desa Lebah Sempaga Kecamatan Narmada Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di BMT-Ta’awun Desa Lebah Sempaga Kecamatan Narmada Lombok Barat. Data-data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang terdiri dari data primer dan skunder. Data-data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama, kriteria pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah di BMT-Ta’awun Desa Lebah Sempaga Kecamatan Narmada Lombok Barat terdiri dari adanya unsur kesengajaan dari pihak nasabah, tidak adanya unsur kesengajaan dari pihak nasabah, seperti halnya bencana alam, banjir, tanah, longsor dan kebakaran, kedua, strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah di BMT-Ta’awun Desa Lebah Sempaga Kecamatan Narmada Lombok Barat dengan cara memberi teguran secara lisan, memberikan surat peringatan I, peringatan II dan peringatan III, melakukan silaturrahmi atau mengunjungi rumah nasabah, melakukan diskusi antara pihak BMT atau musyawarah atau musyawarah, melakukan rescheduling (penjadwalan kembali) dan pemotongan gaji dari pihak BMT.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi pembiayaan; pembiayaan; murabahah; , penanganan ; pembiayaan Bermasalah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Ika Merdeka Wati
Date Deposited: 17 Mar 2021 06:08
Last Modified: 17 Mar 2021 06:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item