Astuti, Yuliana (2019) Penerapan model kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTs. Almadaniyah Jempong Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yuliana Astuti 1501050745.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (996kB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model make a match dengan kartu soal pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs. Al-Madaniyah Jempong Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPS, guru hanya ceramah, guru menjelaskan materi kemudian memberikan contoh dan diakhiri dengan pemberian soal-soal latihan, guru juga cendrung dalam menjelaskan materi yang di ajarkan dalam peroses pembelejaran pada kelas VIII di MTs. Al-Madaniyah Jempong Barat. Sehingg peneliti menggunakan model make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di MTs. Al-Madaniyah Jempong Barat 2019/2020. Jenis Penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat dan di bagi dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII yang berjumlah 22 orang siswa. Instrumen yang yang digunakan di dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model make a match dengan kartu soal berdasarkan perolehan hasil tes yaitu pada siswa siklus I hasil belajar siswa di peroleh nilai rata-rata siswa dari VIII adalah 69,32% dengan ketuntasan klasikal 54,5% dimana terdapat 12 siswa yang tuntas dan 10 orang tidak tuntas. Secara kontinum bahwa hasil belajar masih di bawah setandar, dilihat dari hasil ketuntasan klasikal harus mencapai 85%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model make a match dengan kartu soal pada mata pelajaran IPS dikatakan tuntas, ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas VIII sebesar 88,18% dan ketuntasan klasikalnya sebesar 90,90%. Jadi pemamparan di atas dapat di lihat bahwa yang menggunakan model make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sesuai dengan data yang di atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kaktifan belajar; model make a match; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 08 Apr 2021 05:46
Last Modified: 08 Apr 2021 05:46
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item