Bawani, Muhammad (2021) Strategi komunikasi pemasaran hasil kerajinan tangan kecupu rotan: studi kasus Desa Landah Kecamatan Praya Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Bawani 170301081 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi masyarakat Desa Landah memiliki kreativitas yang tinggi dalam mengolah rotan sebagai salah satu bentuk kerajianan tangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Hal ini dapat dilihat dari bentuk kerajian yang diproduksi oleh masyarakat sekitar, salah satunya adalah Kecupu Rotan. Hal demikian tidaklah terlepas dari peranan masyarakat Desa Landah dalam mengembangkan kereativitasnya, dalam hal ini, seperti pembuatan Kecupu Rotan dengan bahan baku Rotan. Selain pembuatan Kecupu Rotan dengan bahan baku Rotan masyarakat Desa Landah mempunyai strategi yang baik dalam mendistribusikan hasil kerajinan tangannya, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk strategi komunikasi pemasaran hasil kerajinan tangan kecupu rotan di Landah Kecamatan Praya Timur, dan untuk mengetahui fakto-faktor apa saja yang menjadi kendala atau penghabat pemasaran kerajinan tangan Kecupu Rotan di Desa Kecamatan Praya Timur. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dari wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Landah dalam hal Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengerajin Kecupu Rotan Desa Landah yakni bauran pemasaran atau Marketing Mix dimana memperhatikan 4 aspek yakni Produk, Harga, Promosi, dan tempat. Faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala atau penghambat strategi pemasaran hasil kerajinan tangan Kecupu Rotan Desa Landah yaitu tekanan pesaing luar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi; pemasaran; kerajinan tangan kecupu rotan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 01:30
Last Modified: 15 May 2023 01:30
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4225

Actions (login required)

View Item View Item