Rosani, Mila (2022) Analisis strategi komunikasi pemasaran industri kerajinan kain tenun di desa wisata Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mila Rosani 180301111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh eksistensi dan keterkenalan hasil kerajinan kain tenun songket masyarakat Desa Sukarara pada kancah nasioanal maupun internasional. Sebab kerajinan yang dihasilkan memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dan dibuat secara tradisional dengan menggunakan alat tradisional, serta memiliki sejarah yang terkenal. Hal itu tentunya tidak terlepas dari strategi-strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh para pelaku industri dalam memperomosikan produknya. Oleh sebab itu, peneliti mendiskursuskan penelitian ini pada 2 pokok tujuan yakni, (1) Untuk mengetahui eksistensi tradisi bertenun di Desa Wisata Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah (2) Untuk mengetahui strategi komuniksi pemasaran kerajinan kain tenun di Desa Wisata Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif, yang merupakan suatu penelitian langsung dari objek yang bersifat alamiah, menelaah hal-hal yang belum jelas dan peneliti hadir sebagai instrumen kunci. Sedangkan untuk pengumpulan dan pengambilan sumber data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan data primer dan data sekunder yang kemudian dari hasil pengumpulan data itu, peneliti mencatat, memilih dan mengolah data tersebut, yang selanjutnya ditelaah data mana saja yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan, (1) eksistensi kain tenun Desa Sukarara sudah ada sejak zaman dahulu dan nama kain yang pertama kali dibuat yaitu ”Subahnala”. Desa Sukarara masih memegang teguh tradisi bertenun dengan menggunakan alat-alat tradisonal, dalam proses pembuatan kain tenun mempunyai peraturan yakni menenun hanya dilakukan oleh seorang perempuan. (2) strategi komunikasi pemasaran merupakan pendorong untuk meningkatkan penjualan sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai, apabila strategi yang digunakan tepat maka kegiatan pemasaran akan berjalan dengan lancar. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan adalah strategi promosi seperti, periklanan, promosi penjualan, penjualan personal dan public relation dengan tujuan untuk menarik pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi; pemasaran; kerajinan kain tenun
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 01:26
Last Modified: 15 May 2023 01:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4224

Actions (login required)

View Item View Item