Suandi, M (2022) Strategi komunikasi Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam mensosialisasikan wisata Sekotong mendunia pasca covid-19. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
M. Suandi 180301070 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Berdasarkan pengamatan peneliti mengenai banyaknya wisata yang ada di wilayah Sekotong Lombok Barat yang belum dikenal bahkan ditinggalkan akibat dari wabah covid-19 sehingga ini yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian, dan menjadi menarik kemudian bagai mana dari Dinas Pariwisata mengembangkan atau mensosialisasikan pariwisata yang ada di Sekotong Lombok Barat pasca pandemi covid-19, agar dapat dikenal dan menjadi prioritas wisatawan lokal maupun wisata luar. Fokus penelitian ini ialah 1) Seperti apa Strategi Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam Mensosialisasikan wisata Sekotong Mendunia pasca covid-19 2) Apa aja Kebijakan Dinas Pariwisata Lombok Barat untuk mensosialisasikan wisata Sekotong pasca covid-19. Tujuannya ialah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi Dinas Pariwisata Lombok Barat untuk mensosialisasikan wisata yang ada di Sekotong pasca pandemi covid-19 danKebijakan Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam mensosialisasikan wisata Sekotong pasca pandemi covid-19. Kemudian adapun metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang merupakn pendekatan ilmiah yang tujuannya menelaah fenomena sebagaimana fenomena tersebut dialami dialami secara langsung, yaitu dengan memaparkan data temuan, memberi gambaran yang peneliti kumpulkan kemudian menyimpulkannya. Adapun tekhnik pengumpulannya ialah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Lombok Barat untuk mensosialisasikan wisata Sekotong pasca pandemi covid-19 ialah dengan melakukan sosialisasi dan promosi dengan cara online melalui akun media sosial yang dimiliki oleh Dinas Parwisata dan mensosialisasikannya secara langsung atau offline, Yaitu Dinas pariwisata melakukan sosialisi secara langsung ini dengan cara mangadakan pelatihan dan membuat event. Agar masyarakat mengetahui informasi terkait pariwisata yang ada di daerah Sekotong Lombok Barat. Adapun yang menjadi kebijakan untuk mensosialisasikan wisata Sekotong pasca pandemi covid-19 ialah sarana perasarana yang belum sepenuhnya merata, kebersihanya yang kurang terkordinir, dan keamanannya di area tempat destinasi wisata tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi; sosialisasi; pariwisata; covid-19
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200103 International and Development Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 May 2023 08:04
Last Modified: 12 May 2023 08:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4217

Actions (login required)

View Item View Item